Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Jurusan/Prodi

NoDeskripsi Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL)
ASPEK SIKAP (S) Permendikbud No 3 Tahun 2020
S1Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukan sikap religius;
S2menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
S3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan pancasila;
S4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8mengintegrasikan nilai, norma, dan etika akademik;
S9menunjukan sikap dan etika yang bertanggungjawab dalam menjalankan tugas profesi sebagai pembelajar sepanjang hayat pada bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara mandiri; dan
S10mengintegrasikan semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan
Tambahan Hasil Keputusan APENMASI
S11Memahami dirinya secara utuh sebagai Sarjana Pendidikan
S12Beradaptasi, bekerjasama, berkreasi, berkontribusi, dan berinovasi dalam menerapkan ilmu pengetahuan pada kehidupan bermasyarakat serta memiliki wawasan global dalam perannya sebagai warga dunia
S13Memiliki integritas akademik, antara lain kemampuan memahami arti plagiarisme, jenis-jenisnya, dan upaya pencegahannya, serta konsekuensinya apabila melakukan plagiarisme
S14Bersikap dan berperilaku ilmiah, edukatif dan religius, serta silih asih, silih asah, silih asuh dalam lingkungan kerja dan kehidupan bermasyarakat
S15Memiliki wawasan kebangsaan dan menjadi warga negara yang baik (bisa disamakan dengan S4 atau tidak?)
S16Menjadi pembelajar sepanjang hayat (life long learners)
ASPEK KETERAMPILAN UMUM (KU) Permendikbud No 3 Tahun 2020
KU1Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
KU2Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU3Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU4Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisi informasi dan data
KU5Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
KU6Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
KU7Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya
KU8Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU9Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi
KU10Mampu beradaptasi terhadap perubahan zaman yang dinamis
KU11Mampu mengintegrasikan kecakapan belajar dan berinovasi (learning and innovation skills), penguasaan informasi, media, dan teknologi (information, media, and technology skills), dan pengembangan karier dan kecakapan hidup (life and career skills)
KU12Mampu menunjukkan kepemimpinan yang kreatif, inovatif, dan demokratis
ASPEK PENGETAHUAN (P) APENMASI
P1Menguasai konsep teoretis ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) secara  umum;
P2Menguasai konsep teoretis pembangunan masyarakat dan pengembangan sosial;
P3Menguasai konsep teoretis pendidikan masyarakat dan orang dewasa secara               mendalam;
P4Menguasai prinsip dan metode layanan pendidikan masyarakat dan orang dewasa;
P5Menguasai konsep dan metode pendidikan masyarakat dalam perubahan sosial (sosial change);
P6Menguasai konsep umum, prinsip dan teknik komunikasi sosial;
P7Menguasai konsep, prinsip dan isu terkini mengenai masalah sosial di masyarakat; dan
P8Menguasai prinsip dan isu terkini dalam ekonomi pembangunan dan sosial budaya secara umum
ASPEK KETERAMPILAN KHUSUS (KK) APENMASI
KK1menerapkan ilmu perilaku manusia (human behavioral sciences) dalam bidang pendidikan masyarakat dan   orang dewasa;
KK2menyelesaikan masalah bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa melalui program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal berdasarkan pendekatan, strategi dan metode pedagogi sosial dan andragogi.
KK3mengidentifikasi, menformulasikan, menganalisis, dan menemukan kebutuhan belajar dan sumber masalah   bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa;
KK4mengusulkan solusi terbaik untuk  menyelesaikan masalah dalam bidang pendidikan masyarakat dan orang  dewasa
KK5merancang dan melaksanakan program atau intervensi bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa;
KK6memilih sumber daya dan memanfaatkannya secara efektif dan efisien dalam masalah pendidikan  masyarakat dan orang dewasa;
KK7mengendalikan atau melakukan pendampingan dalam perubahan dan pengembangan masyarakat;
KK8mengkritisi kebijakan penyelesaian masalah sosial dari sudut pandang pendidikan masyarakat dan orang dewasa yang telah dan/atau sedang diterapkan, yang dituangkan dalam bentuk kertas kerja ilmiah; dan
KK9mengkomunikasikan hasil riset bidang pendidikan masyarakat dan orang dewasa serta memanfaatkannya dalam pengembangan program pelatihan, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan nonformal dan informal