Essai – Dena Yulia nti – Universitas Siliwangi

Sudah kita ketahui bahwa pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujudkan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi tulang punggung kemajuan suatu bangsa. Pemuda jugalah yang menjadi penentu dan memainkan peran dalam maju atau tidaknya sebuah pembangunan bangsa.
Dalam segi positif pemuda biasanya diidentikkan dengan perubahan, pembaharuan dan pergerakan. Pada masa penjajahan hingga sekarang peran pemuda dalam pembangunan negara sangat luar biasa. Seperti halnya sumpah pemuda 1928 dimana seluruh pemuda Indonesia bersatu sehingga menjadi kekuatan maka kekuatan dalam meniti kejayaan dimasa kini dan mendatang.
Bahkan Presiden Soekarno sudah sejak dulu mengakui kemampuan pemuda untuk membangun bangsa. Dalam salah satu pidatonya Soekarno pernah berkata.
“Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”
Kalimat Soekarno tersebut menggambarkan seberapa besar perubahan yang mampu dibawa oleh pemuda. Jika 10 pemuda saja dapat mengguncang dunia, bayangkan jika seluruh pemuda Indonesia bersatu dan bekerja sama membangun Indonesia. Niscaya, masa depan cerah ada di tangan bangsa ini.
Kini Indonesia telah merdeka, peran pemuda tidak lagi sebagai pahlawan dalam melawan penjajah. Melainkan memiliki peran untuk membuat perubahan, pembaruan, dan pergerakan dalam rangka pembangunan nasional. Hal ini menunjukkan perjuangan kaum muda saat ini tidak lagi mengandalkan kekuatan otot, tetapi menjunjung mendatang intelektualitas dan integritas sebuah bangsa.
Dari penjelasan tersebut, saya penulis juga selaku generasi muda yang menyadari akan peran pentingnya pemuda dalam persiapan pembangunan menuju kemajuan negeri ini. Pemuda sejati bukan ia yang mampu mengucap sumpah pemuda saja tetapi mereka yang Dengan segenap jiwa raga berjuang untuk negaranya. Dengan itu saya mempunyai gagasan diman ada 3 aspek penting yang harus dimiliki oleh pemuda untuk mengoptimalkan peran pemuda menuju Indonesia emas.
Pertama, seorang pemuda harus memiliki sifat rasa cinta tanah air karena mereka akan mempunyai rasa kebanggaan, menghargai, menghormati negara tempat ia tinggal. Hal ini bisa tercermin dari perilaku membela tanah airnya, menjaga dan melindungi tanah airnya, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negaranya. Maka dalam diri mereka akan tumbuh suatu kemauan untuk merawat, memelihara dan melindungi tanah airnya dari segala bahaya yang mengancam. Oleh karena itu rasa cinta tanah air saya posisikan pada urutan pertama dikarenakan jika seorang pemuda tidak memiliki rasa cinta terhadap tanah air nya sendiri bagaimana mereka bisa ikut serta dalam pembangunan bangsanya.
Kedua, setelah rasa cinta tanah air pemuda juga harus memiliki pendidikan karena memiliki fungsi yang sangat penting. Tidak hanya untuk diri sendiri, tapi juga untuk lingkungan sekitar. Karena dengan pendidikan mereka akan membuka wawasan serta mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu pendidikan akan menciptakan pemuda yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing, dan kooperatif.
Ketiga, kedua aspek tersebut dirasa masih kurang jika tiba melibatkan teknologi, tidak bisa dipungkiri bahwa kita telah memasuki peradaban dengan segala kecanggihannya. Pembangunan ilmu pengetahuan teknologi pada hakekatnya ditujukan peningkatakan kesejahteraan masyarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa. Pentingnya teknologi di era Globalisasi perlu disiapkan oleh para pemuda, hal itu menjadi salah satu peran pemuda untuk memajukan Bangsa. Pasalnya di era sekarang ini banyak persaingan, sehingga pemuda harus mampu unggul dalam teknologi.
Jika ketiga aspek tersebut berjalan dengan beringin maka masa depan Indonesia akan emas tergantung dari generasinya sendiri. Kunci kesuksesan negara ini ada di tanganmu pemuda, sudah waktunya pergerakan-pergerakan pemuda Indonesia kembali bangkit. Kita adalah pemegang tumpuk perjuangan. Berjuanglah untuk mengembalikan rasa keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

X